Minggu, 23 Januari 2011

Embriologi dalam Al-Qur`an

Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah (alaqah), lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging(mudhghah), dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik. (QS. Al-Mu`minuun 23: 12-14)

Kata `alaqah memiliki 3 arti, yaitu lintah atau sesuatu yg menghisap darah, sesuatu yang menggantung, segumpal darah. Ketiga arti ini menurut Prof. Keith Moar ternyata sesuai dengan tahapan pertumbuhan embrio.

Lintah

Menurut Prof Keith Moar (Pakar Embriologi kristen terbaik diwaktunya) selain mirip lintah, embrio juga berperilaku seperti lintah yaitu mengisap darah ibunya.
http://www.famousmuslims.com/human%20embryonic_files/image003.jpg

Sesuatu yang Menggantung

Ini embrio berumur sekitar 15 hari.
http://www.famousmuslims.com/human%20embryonic_files/image004.jpg
Kita dapat melihat, pada gambar di atas, penggantungan dari suatu embrio sepanjang tahapan alaqah di dalam kandungan ibu.

http://www.famousmuslims.com/human%20embryonic_files/image005.jpg
Pada photomicrograph ini, kita dapat lihat penggantungan dari suatu embrio (yang ditandai B) sepanjang tahapan alaqah (pada usia sekitar 15 hari) di dalam kandungan ibu. Ukuran embrio sesungguhnya adalah sekitar 0.6 mm.

Segumpal Darah

http://www.famousmuslims.com/human%20embryonic_files/image006.jpg

Gambar dari sistem cardiovasculer primitif di dalam suatu embrio sepanjang tahapan alaqah. Penampilan eksternal embrio dan kantungnya itu serupa dengan segumpal darah, dalam kaitan dengan kehadiran sejumlah darah yang besar yang hadir di embrio itu.

Tahapan Mudhghah

Mudhghoh berarti segumpal daging, sesuatu yang dapat dikunyah. Jika kita mengambil sepotong permen karet (gum) dan mengunyahnya dalam mulut kita dan kemudian membandingkannya dengan suatu embrio pada tahapan mudghah, kita akan menyimpulkan bahwa embrio pada tahapan mudghah mempunyai penampilan dari sesuatu yang dikunyah. Ini dikarenakan somites di belakang embrio yang kurang lebih menyerupai bekas gigi pada sesuatu yang dikunyah.
http://www.famousmuslims.com/human%20embryonic_files/image007.jpg
http://www.famousmuslims.com/human%20embryonic_files/image008.jpg

Prof Keith Moar berkata, “Pasti Nabi Muhammad SAW mengetahui ini dari Pencipta manusia…. Kita tahu embriologi berkembang baru2 ini… Sedangkan ayat-ayat al-Qur’an ini turun 1400 tahun yang lalu…”


https://artikelislami.wordpress.com/2008/05/04/embriologi-dalam-al-quran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar