Senin, 26 Juli 2010

MARI PERBANYAK PUASA DI BULAN SYA’BAN

MUKADDIMAH

إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالا كثيرا ونساء واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيبا يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وقولوا قولا سديدا . يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزا عظيما, أما بعد



TULISAN

MARI PERBANYAK PUASA DI BULAN SYA’BAN

.:: Ditulis Oleh Hamba Yang Faqir Kepada Alloh ::.

.:: Abu Khodijah Ricki Kurniawan ::.

Kita telah memasuki bulan Sya’ban dan sebentar lagi kita akan menyongsong bulan penuh berkah yaitu Romadhon. Jika kita memiliki semangat untuk mengikuti ajaran Rosululloh e tentunya kita akan bertanya tanya, apa sich yang dilakukan dan diajarkan Rosululloh e untuk menyambut Romadhon?. Apa yang beliau lakukan pada bulan Sya’ban?.

Jika kita membaca buku buku fiqih islam dan buku buku hadits kita akan mengetahui ternyata Rosululloh e banyak berpuasa di bulan Sya’ban ini. Apa dalilnya?, Apa hikmah yang tersembunyi dalam amalan ini?, mari kita simak pembahasan makalah sederhana ini.

DARI MANA ASAL PENAMAAN BULAN SYA’BAN?

Kata Sya’ban (شَعْبَان) dalam bahasa arab berasal dari kata sya’aba (شَعَبَ). Kata sya’aba (شَعَبَ) diantara maknanya adalah mengumpulkan, memisahkan, muncul, menyibukkan. Kata sya’ban (شَعْبَان) dapat bermakna perpencaran karena kebiasaan orang arab di bulan sya’ban mereka berpencar untuk mencari air, bermakna kesibukan karena kebiasaan mereka untuk melakukan penyerangan setelah bulan Rojab yang diharamkan untuk berperang, bermakna terkumpul karena terkumpul pada bulan ini kebaikan kebaikan yang banyak dan berarti tampak karena munculnya adalah diantara bulan Rojab dan Romadhon.[1]

DALIL DALIL DISUNNAHKANNYA BANYAK PUASA DI BULAN SYA’BAN

1. Hadits Dari Ibunda Aisyah y

Rosululloh e bersabda:

وَمَا رَأَيْتُه أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ

” … Dan tidaklah aku (Aisyah y) melihat beliau (Rosululloh e) lebih banyak berpuasa dari berpuasa di bulan Sya’ban.” [2] Dalam redaksi lain, Rosululloh e bersabda:

لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الشَّهْرِ مِنَ السَّنَةِ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

” … Tidaklah Rosululloh e mengerjakan amalan puasa sunnah lebih banyak daripada di bulan Sya’ban.” [3]

2. Hadits Dari Ummu Salamah y

Beliau berkata:

أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ مِنَ السَّنَةِ شَهْرًا تَامًّا إِلاَّ شَعْبَانَ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ

Nabi e tidaklah berpuasa sunnah satu bulan dengan sempurna melainkan pada bulan Sya’ban kemudian beliau menyambungnya dengan (puasa) Romadhon.” [4]

Imam Nawawi asy Syafi’iy رحمه الله berkata:

ومن المسنون صوم شعبان

“… dan termasuk sunnah adalah berpuasa (dibulan) Sya’ban…” [5]

Imam Nawawi al Bantani al Jawiy asy Syafi’y رحمه الله berkata:

والثاني عشر صوم شعبان لحبه صلى الله عليه وسلم صيامه فمن صامه نال شفاعته صلى الله عليه وسلم يوم القيامة

” Dua belas, berpuasa di bulan Sya’ban kerena Rosululloh e menyukai berpuasa Sya’ban. Maka barangsiapa berpuasa Sya’ban Rosululloh e akan memberikan syafa’at baginya di hari kiamat kelak” [6]

Al Hafizh Ibnu Hajar al Asqolaniy asy Syafi’iy رحمه الله berkata:

قوله باب صوم شعبان أي استحبابه

” Ucapan beliau (Imam Bukhari رحمه الله) “Bab Puasa Sya’ban” maksudnya adalah kemustahabannya (=ke sunnahan berpuasa Sya’ban)”.[7]

MENGAPA KITA JUGA MENGINGINKAN UNTUK BERPUASA SYA’BAN?

Kita berpuasa Sya’ban karena ingin mendapatkan pahala dari Alloh dengan mengikuti Rosululloh e karena mengikuti petunjuk dan menghidupkan ajaran ajaran beliau yang telah mati adalah salah satu sebab diberikannya syafa’at beliau dihari kiamat kelak. Kita ingin agar Alloh mencintai kita sebagaimana hadits dari Abu Hurairoh t , Rosululloh e bersabda bahwa Alloh berfirman:

وَمَا يَزَالُ عَبْدِي يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِي يَسْمَعُ بِهِ وَبَصَرَهُ الَّذِي يُبْصِرُ بِهِ وَيَدَهُ الَّتِي يَبْطِشُ بِهَا وَرِجْلَهُ الَّتِي يَمْشِي بِهَا وَإِنْ سَأَلَنِي لَأُعْطِيَنَّهُ وَلَئِنْ اسْتَعَاذَنِي لَأُعِيذَنَّهُ

“Dan tidaklah senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan nawafil (sunnah sunnah) melainkan Aku mencintainya. Jika Aku mencintai-Nya maka Aku menjadi pendengarannya yang ia mendengar dengannya, penglihatannya yang ia melihat dengannya, tangannya yang ia menyergap dengannya, dan kakinya yang ia berjalan dengannya. Jika ia meminta kepada-Ku maka Aku akan memenuhinya dan jika memohon perlindungan kepada-Ku maka Aku akan melindungi-Nya.” [8]

Makna “Jika Aku mencintai-Nya maka aku menjadi pendengarannya yang ia mendengar dengannya, penglihatannya yang ia melihat dengannya, tangannya yang ia menyergap dengannya, dan kakinya yang ia berjalan dengannya.” adalah sebagaimana dikatakan Abu Sulaiman al Khoththobiy رحمه الله: “Ini adalah permisalan yang Alloh membuatnya, maknanya adalah taufiq Alloh pada amalan amalan yang manusia menjalankannya dengan anggota tubuh tersebut” [9]. Kemudian Imam Baghowi رحمه الله menjelaskan ucapan Abu Sulaiman al Khoththobiy رحمه الله: “Maksudnya adalah Alloh memudahkannya untuk mengamalkan amalan yang dicintai Alloh, dan menjaganya dari amalan yang dibenci Alloh.” [10]

APA HIKMAH DIBALIK BERPUASA DI BULAN SYA’BAN?

Rosululloh e menceritakan hikmah dibalik berpuasa di bulan sya’ban dalam hadits dari Usamah bin Zaid t:

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Aku (Usamah bin Zaid t) mengatakan: “Wahai Rosululloh e tidaklah aku melihat anda berpuasa satu bulan sebagaimana dibulan bulan lain kecuali di bulan Sya’ban.” Rosululloh e menjawab: “Bulan itu (Sya’ban) adalah bulan diantara Rojab dan Romadhon yang manusia banyak lalai darinya. Dan itu adalah bulan dimana ketika itu diangkat amalan amalan kepada Robbul’alamin. Maka aku menyukai jika diangkat amalanku dalam keadaan aku sedang berpuasa”[11]

Demikian tulisan sederhana ini, mudah mudahan hal ini menjadi simpanan pahala bagi penulis kelak dihari kiamat dan menjadi pemicu bagi penulis dan pembaca untuk mencintai Rosululloh e dengan menjalankan dan menghidupkan sunnah sunnahnya yang telah mati dan menjauhi berbagai bid’ah yang terus berkembang sehingga mematikan sunnah bahkan yang sunnah dianggap jelek dan yang bid’ah dianggap baik. Dan hanya kepada Allohlah kita memohon pertolongan.


[1] Kamus al Munawwir karya A.W. Munawwir (722-723), Fathul Bariy Syarh Shohih Bukhari karya Al Hafizh Ibnu Hajar al Asqolaniy asy Syafi’i رحمه الله (4/213), dan ‘Umdatul Qoriy karya Imam Badruddin al ‘Ainiy al Hanafiy رحمه الله (17/49)

[2] Shohih Bukhari no. 1868

[3] Shohih Muslim no. 2779

[4] Sunan Abu Dawud no. 2338, Sunan an Nasa-I no. 2353, di shohihkan Syaikh Muhammad Nashirudin al Albani رحمه الله dan Syaikh Syu’aib al Arnauth رحمه الله.

[5] Majmu’ Syarh al Muhadzdzab karya Imam Nawawi asy Syafi’iy رحمه الله (6/386)

[6] Nihayatuz Zain fii irsyadul Mubtadi-in karya Imam Nawawi al Bantani al Jawiy asy Syafi’iy رحمه الله (197)

[7] Fathul Bariy Syarh Shohih Bukhari karya Al Hafizh Ibnu Hajar al Asqolaniy asy Syafi’iy رحمه الله (4/213)

[8] Shohih Bukhari no. 6137

[9] Syarhus Sunnah karya Imam Baghowiy رحمه الله (5/20)

[10] Syarhus Sunnah karya Imam Baghowiy رحمه الله (5/20)

[11] Sunan an Nasa-I al Kubro no. 2666, Musnad Ahmad no. 21801. dihukumi hasan oleh Syaikh Syu’aib al Arnauth رحمه الله dan Syaikh al Albani رحمه الله.

http://alwajiz.site88.net/2010/07/mari-perbanyak-puasa-di-bulan-syaban/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar